Mengenal Investasi: Jenis, Manfaat dan Risikonya

Anda tentu sudah cukup sering mendengar tentang investasi, bukan? Namun, sebenarnya, apa itu investasi tersebut?

Banyak kalangan yang cukup familiar dengan kata investasi, tetapi mereka belum mengetahui seluk beluk tentang investasi tersebut. Tentu, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang investasi, terutama ketika Anda ingin mencoba ide ini untuk mendapatkan keuntungan dan menambahkan aset.



Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal tentang investasi yang cukup mendasar mulai dari pengertian, jenis, manfaat dan risikonya. Informasi yang lengkap tentang investasi tentu akan memudahkan Anda untuk turut melakukan investasi dengan lebih aman.

Sekilas Tentang Investasi

Dalam pengertian yang singkat, investasi adalah aktivitas berupa penanaman modal yang bisa ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar sebagai keuntungan. Dalam pengertian yang lain, investasi merupakan platform di mana seseorang berharap mendapatkan nilai dari aset yang dimiliki tersebut akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Ada beberapa jenis aset investasi yang perlu diketahui. Beberapa diantaranya adalah tenaga, waktu, saham, emas, reksa dana dan lainnya.

Manfaat Investasi

Tentu, secara garis besar, manfaat investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan dari modal awal yang ditanamkan. Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu, ada tambahan nilai pada modal awal tersebut sehingga jumlah aset dari seorang investor akan bertambah.

Selain itu, investasi juga memiliki manfaat terkait pengelolaan aset. Dengan melakukan investasi, maka seseorang akan memiliki kemampuan mengelola aset yang jauh lebih baik. Aset yang ia miliki tidak dibiarkan mengendap saja, melainkan digunakan untuk menghasilkan aset-aset lain yang jauh lebih menguntungkan.

Jenis Produk Investasi yang Populer di Indonesia

Berbincang tentang investasi, ada cukup banyak produk atau instrumen investasi yang bisa dijadikan opsi. Di Indonesia sendiri, bisa dikatakan jika iklim investasi cenderung berkembang lebih pesat daripada masa sebelumnya.

Nah, adapun beberapa jenis instrumen investasi yang cukup populer di Indonesia dan bisa menjadi pilihan Anda untuk turut di dalamnya diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Reksa dana

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih. Hal ini dikarenakan risiko dari instrumen ini yang cenderung minim. Pasalnya, dengan memilih reksa dana, maka dana yang Anda gunakan untuk investasi tersebut akan dikelola oleh pihak manajemen yang berpengalaman dan bisa diandalkan.

2)      Saham

Ketika membahas tentang investasi, maka saham menjadi salah satu hal yang juga turut dibahas. Bisa dikatakan bahwa saham adalah instrumen investasi yang sangat populer.

Saham sendiri adalah bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan. Selain itu, instrumen investasi ini juga memiliki risiko yang cenderung rendah. Hanya saja, Anda sebagai pemain investasi tentu harus selektif dalam memilih saham dari perusahaan mana yang hendak Anda beli.

3)      Emas

Emas juga termasuk salah satu instrumen investasi yang sangat populer di Indonesia. Investasi fisik ini seringkali dipilih karena dianggap menguntungkan dan juga tidak memiliki risiko.

Nah, harga emas yang cenderung stabil dan meningkat dari waktu ke waktu akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Hanya saja, emas bukan jenis investasi jangka pendek.

Beberapa hal di atas adalah ragam instrumen investasi yang cukup dikenal dan populer di Indonesia. Selain ide investasi tersebut, tentu saja ada beragam ide investasi lainnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

Selain memiliki manfaat dan memberikan keuntungan, investasi juga memiliki risiko yang harus dipahami. Ini adalah hal yang penting agar nantinya Anda tetap memiliki kontrol ketika melakukan investasi.

Ada beberapa risiko dalam investasi yang perlu diketahui secara detail dan saksama. Beberapa risiko tersebut diantaranya adalah:

  • Suku bunga
  • Reinvestasi
  • Sovereign atau negara
  • Nilai tukar mata uang asing
  • Likuiditas
  • Pasar
  • Inflasi

Anda tentu perlu mencari informasi tambahan mengenai risiko tersebut. Berbekal informasi tadi, nantinya Anda juga bisa menerapkan strategi investasi yang tepat, termasuk ketika memilih investasi di jalur peer to peer lending.

Ya, peer to peer lending adalah ide investasi yang cukup menarik dengan memanfaatkan teknologi finansial digital. Selain bisa dijalankan dengan modal yang minim, return yang didapatkan pun cenderung cukup besar. Hanya saja, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat.

Deskripsi: apa itu investasi perlu diketahui dengan saksama. Pengetahuan tentang investasi nantinya akan berpengaruh pada bagaimana tata kelola investasi tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar