6 Ciri Ban Mobil Sudah Rusak, Apa Saja?

Ketika Anda berburu mobil bekas di Tangerang, tentu Anda perlu cek kondisi kendaraan secara menyeluruh hingga ke kondisi bannya. Apalagi Tangerang termasuk kota yang sibuk sehingga Anda pasti akan sering menggunakan mobil ini untuk bepergian. Jika kualitas ban tidak lagi baik, tentunya akan mengganggu perjalanan dan lebih parahnya lagi berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Oleh karena itu, Anda perlu kenali apa saja tanda-tanda ban yang sudah tidak layak pakai, perlu segera diganti, atau bahkan sudah rusak.

6 Tanda Ban Mobil Rusak

Idealnya, ban mobil digunakan hanya untuk 3 tahun saja. Sebab, ban terbuat dari karet elastis yang kelenturannya akan terus menurun seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah hilang kelenturannya, ban akan menjadi getas, keras, dan tidak lagi lentur. Hal ini bisa memengaruhi kenyamanan hingga performa kendaraan.

Berikut ini adalah tanda-tanda ban mobil yang sudah harus segera diganti.

1.      Tapak ban menipis (gundul).

Permukaan ban yang sudah terlihat menipis alias menggundul berarti ban harus segera diganti. Soalnya, kondisi ban yang seperti ini menandakan ban sudah tidak bisa mencengkeram permukaan jalan dengan baik. Artinya, tapak ban menipis atau gundul bisa membahayakan Anda maupun pengguna jalan lainnya, terutama ketika Anda berkendara dalam kecepatan tinggi.

2.      Punya banyak tambalan.

Kalau Anda sudah cukup sering menambal ban, Anda perlu segera ganti ban baru. Soalnya, ban yang sudah terlalu sering ditambal tentu berarti ban yang sering bocor, kan? Oleh karena itu, daripada nanti terjadi hal-hal yang tak diinginkan, segera ganti saja bannya.

3.      Permukaan ban menonjol.

Kondisi ini juga disebut sebagai ban benjol, di mana terdapat benjolan di permukaan ban. Hal ini wajib Anda waspadai karena ban benjol merupakan sinyal awal kalau dinding ban mobil Anda sudah akan robek atau pecah, lho! Daripada nanti malah pecah sungguhan, sebaiknya segera Anda ganti saja.

4.      Dinding ban mobil sobek.

Apabila tapak atau permukaan ban mobil saja yang bocor, Anda bisa menambalnya sebagai solusi sementara (tentu selama ini adalah kali pertama atau kedua Anda menambal ban). Tapi lain cerita kalau dinding ban mobil (sidewall tire) yang bocor atau robek, karena artinya ban harus segera Anda ganti.

5.      Karet ban getas dan pecah-pecah.

Bagaimana caranya tahu kalau karet ban sudah getas dan pecah-pecah? Gampang, sentuh saja permukaan ban. Apabila permukaan ban terasa jauh lebih keras dibandingkan dengan ban yang masih normal, maka karet ban pasti sudah getas dan pecah-pecah. Soalnya, hal ini berarti karet ban sudah tidak elastis lagi. Jika Anda nekat menyetir dalam kondisi ini, ban bisa meledak sewaktu-waktu begitu terkena benda tajam.

6.      Heel toe wear.

Kondisi ini merujuk pada keadaan ketika kembang ban seperti terangkat. Menurut beberapa sumber, heel toe wear biasa ditemukan pada kendaraan yang sering melintasi jalanan rusak, apalagi dalam kecepatan tinggi. Akibat dari kondisi ban yang seperti ini adalah mobil jadi sering mengerem dengan cukup keras.

Itulah 6 tanda umum ban mobil yang sudah rusak dan harus segera diganti demi kenyamanan dan keselamatan Anda selama berkendara. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar